Thanks for Sharing
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BEBRURU BENEFIT DALAM SISTEM MODERN CHANNEL

Oleh: Ulul Azmi*)

Ulul Azmi, mahasiswa FE Prodi Ekonomi Islam UNU NTB saat berdiskusi dan wawancara dengan pemilik Konter Abu Nawas dalam kegiatan praktik mandiri (nuhantb.com)

Di mana ada niat-keinginan; di situlah sebenarnya jalan terbuka. Sayangnya, rahasia. Tugas kita hanya mencari dan menemukan jalan itu”.

TAMPAKNYA, kalimat itu cocok disematkan, untuk menggambarkan semangat yang dimiliki bapak Naufal yang sehari-hari jualan pulsa all operator lengkap voucher fisik dan layanan jasa lainnya seperti layanan PPOB dan penjualan tiket pesawat.

Ia memulai bisnis jualan pulsa sejak lima tahun silam. Saat penulis datang, pada Minggu siang (29/3) meski dalam kondisi sibuk, meregistrasi kartu perdana. Pak Nauval terlihat begitu welcome kepada saya.

Saya pun mengutarakan maksud/tujuan untuk memperoleh informasi seputar usaha yang digelutinya, sebagai report Praktik Mandiri tugas kuliah.
Sesaat kemudian, mengalirlah cerita demi cerita.

Dulu sejak buka usaha jualan pulsa, usaha pak Naufal sempat vakum. Ia sendiri tak mengerti betul, problem apa yang dihadapinya.

Padahal seperti diketahui jualan pulsa dan hal terkait lainnya bukan hanya kebutuhan orang-orang tertentu, tetapi pulsa sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Meskipun seperti itu realitasnya, justru bisnis jualan pulsa Pak Naufal sempat mandek. Usut punya usut, ternyata greget promosi masih belum maksimal.

Berbenah diri dan survei kecil kecilan sebagai analisis untuk mendongkrak usaha jualan pulsa, dilakukan pak Naufal. Analisa yang dilakukan pak Naufal tak lain agar sedikit tidak ia tahu kendala yang dihadapi usahanya. “Apakah karena pelanggan banyak yang belum tahu jualan pulsa/karena faktor lokasi dan lingkungan?,” terang suami Susilawati.

Tak lama kemudian, akhirnya kegelisahan Pak Naufal terjawab. “Salah satu yang terlintas di benak saya, mungkin karena kurang ditahu saya jualan pulsa,” ujarnya.

Akhirnya, ia berinisiatif untuk gencar melakukan promosi baik secara langsung atau tidak langsung. Juga melalui media sosial.

Tak pelak, ikhtiar tersebut, membuat Counter pak Naufal ramai.
Alhamdulillah wah saq 6 bulan berjalan, ye ampoq bau ramai pembeli oleq konter ni: Alhamdulillah setelah enam bulan berjalan baru mulai ramai lagi” terang pak Naufal dengan wajah sumringah.

Bisnis dikaitkan dengan perkembangan hidup dewasa ini, sangat kompleks. Belum lagi berhadapan dengan realitas canggihnya teknologi yang berkembang begitu massif. Istilah sekarang, orang menyebutnya era revolusi industri 4.0.

Mencermati itu, maka keharusan inovasi skill dan produk harus dimiliki usahawan. Pun demikian terhadap usahanya Pak Naufal. Ia harus bisa bersaing dan mengikuti perkembangan zaman.

Kini, jualan transaksi pulsa yang sebelumnya hanya bisa melalui server yang berada di dealer masing-masing provider, harus beralih ke sistem yang disebut moderen channel. Tentang operational system, tampak sekali bahwa sistem ini sangat jauh perbedaannya dengan sistem lama. Salah satu perbedaan yang paling menonjol adalah kalau sebelumnya transaksi pulsa dan paket data dilakukan melalui jalur yang berbeda-beda seperti misalkan transaksi pulsa selluler melalui sistem UMB yang berbeda kode transaksinya dari chip dompul (dompet pulsa) yang dimiliki oleh masing-masing konter yang sudah kerjasama, kini transaksi pulsa selluler maupun transaksi paket data bisa dilakukan sekaligus melalui satu aplikasi yang sudah dilaunching oleh beberapa start up yang mempunyai server dan dibuka secara nasional bukan regional lagi. Dan bahkan dalam satu aplikasi bisa saja dilengkapi dengan berbagai macam pelayanan. Ambil contoh misalkan, PPOB (pembayaran tagihan PLN, pembelian token listrik, pembayaran cicilan kredit, pembayaran PDAM dan pesawat telepon), penjualan tiket pesawat dan lain-lainnya.

Di samping itu sistem moderen channel juga menawarkan benefit yang bisa didapatkan bapak Naufal. Di antaranya ada kejar-kejaran slot atau point dari jumlah transaksi yang dilakukan yang kemudian poin tersebut bisa ditukar dengan saldo sampai jutaan rupiah. Tak hanya itu, harga yang ditawarkan juga jauh lebih murah dari server provider yang ada.

Tambahan lagi, ini penting juga bahwa dari transaksi di sistem modern channel ini adalah adanya bonus tambahan dari beberapa program yang bisa diikuti oleh semua mitranya, bahkan doorprizenya pun tidak tanggung-tanggung nominal dan jumlahnya sesuai jumlah transaksi yang dilakukan. Jadi begitulah.

Perlu diketahui juga modern channel ini sangat simpel dalam melakukan top up (pengisian) saldo. Semakin banyak alternatif dan benefit yang bisa didapatkan menjadikan sistem modern channel ini, pilihan terbaik bagi para Counteris yang ada. Terlebih kebutuhan pelanggan juga banyak beralih ke kebutuhan paket data untuk koneksi internet. Tentunya semua itu menuntut pelaku usaha penjualan pulsa seperti yang digeluti pak Naufal harus mengikuti perkembangan dan harus bisa bersaing dengan konter-konter pulsa lainnya.

Berdasarkan informasi, pak Naufal juga mengaku kalau transaksi yang dilakukannya pada masa sekarang ini lebih besar terhadap transaksi penjualan paket data daripada penjualan pulsa selululer biasa yang diperuntukkan untuk kebutuhan voice dan sms.

Sekarang konter pulsa Pak Naufal, berjalan sudah lima tahun, banyak untung banyak juga ruginya. Kerugian terbesar yang pemilik Abu Nawas Cell, rasakan adalah tidak bisa terjualnya lagi beberapa accesories HP jadul yang dia stock sampai bernilai jutaan rupiah.

Meskipun demikian, pak Naufal selalu percaya dan yakin terhadap makna yang terkandung di dalam Al-Qur’an surat Al-Ansyirah ayat 5-6 yang artinya “Sesungguhnya di balik kesulitan itu terdapat kemudahan (kelapangan)”. Juga terdapat hadist Rasulullah SAW yang berbunyi “Manjadda wajadda wa manshoro washoro: barang siapa yang brsungguh-sungguh pasti dapat dan barang siapa yang berjalan pasti sampai. Inilah yang mendasari semangat dan optimisme Bapak Naufal di dalam menekuni usahanya itu.

Iklan

Berikut beberapa hal menarik yang mudah-mudahan bisa menginspirasi pembaca. Antara lain ; a) bisnis harus sungguh-sungguh; b) pandai membaca pulang; c) membuka usaha. Dalam kaitan ini, hendaknya pelaku usaha membiasakan diri untuk mengevaluasi perkembangan usaha. d) sabar. e) percaya diri dan selalu optimis; d) berbisnis tidak hanya mengejar keuntungan semata.

Bagi pembaca yang kebetulan lewat dan kehabisan paket data, pulsa dan sebagainya, Konter amaq Naufal, Di sekitar Desa Sukamakmur Kecamatan Gerung Lombok Barat. Ini konter yang cukup rekomended untuk pembaca! Wallahu a’lam bissowab.

*) Penulis: Mahasiswa FE Prodi Ekonomi Islam Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) NTB

EDITOR:Masyhur (Dosen Pengampu)

One Reply to “Berburu Benefit dalam Sistem Modern Channel”

  1. Hahaha walaupun dengan bayar seteangah cara saya beli top up kuota…
    Semangat terus pak Naufal..
    Semoga sehat selalu dan murah rizkinya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *