Thanks for Sharing
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Selalu ada yang Baru Di TK Bina Insani Batulayar

Kegiatan cooking days beberapa waktu lalu di TK Bina Insani Batulayar

 

NUHANTB- Selalu saja ada hal-hal baru dan kreatif dalam proses kegiatan belajar di Taman Kanak-kanak (TK) Bina Insani.
TK Bina Insani berada di dusun Teloke Batulayar Kabupaten Lombok Barat. Sejak didirikan 2 tahun silam, TK Bina Insani terus berbenah dan melakukan perbaikan-perbaikan.

Yang unik dan menarik dari keberadaan TK yang ada di dusun Batulayar tersebut, yakni lokasinya yang berada di pedalaman dan masih alami. “Iya, masih alami. Dan anak-anak seakan sedang bermain, serasa berada di taman,” kata kepala TK Bina Insani Noviati.

Kepada nuhantb.com melalui pesan Watshap mengungkapkan bagaimana awal berdiri TK tersebut. Di awal berdiri, kami berkegiatan di berugak, bahkan sampai sekarang. Kemudian pakaian seragam untuk siswa siswi TK free (gratis).

Dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), guru dan peserta didik di TK Bina Insani, selalu ada yang unik dan baru. Mulai dari belajar sembari bermain dengan gambar, membuat permainan secara mandiri dan lainnya.

Beberapa waktu yang lalu, kegiatan TK Bina Insani melakukan Cooking days bersama master chef cilik. Dalam kegiatan ini TK-Bina Insani membuat martabak mini yaammiiii.

“Memang di TK Bina Insani selalu ada yang baru. Model kegiatan belajar dan bermainnnya selalu saja kita lihat hal hal baru,” kata salah seorang wali murid.

Terkait model baru dan kreatif dalam dunia pendidikan TK, Ketua Lakpesdam PCNU Lobar, yang juga akademisi Undikma Mataram, Abdurrahman mengungkapkan bahwa pendidikan di TK memiliki berbagai macam aspek yang perlu dikembangkan. Salah satunya yaitu perkembangan kreativitas anak usia dini. Perkembangan kreativitas anak usia dini tentunya berbeda-beda. Hal ini dikarenakan anak memiliki sifat yang ”Unik”. Selain itu cara yang digunakan oleh orang-orang disekitar anak juga ikut serta meningkatkan perkembangan kreativitas anak usai dini. “Dengan adanya kegiatan-kegiatan yang penuh inovasi maka guru harus bisa mampu berinovasi dalam melaksanakan kegiatan yang menarik bagi anak,” ujarnya.

Berbagai proses pendidikan dapat diperoleh melalui kegiatan bermain. Oleh sebab itu pendidikan TK menekankan proses pendidikan tersebut melalui bermain sambil belajar, belajar sambil bermain.

Menurut Irani, 2009: 2 bahwasanya ada beberapa hal penting yang dapat diperoleh anak pada saat bermain seperti kemampuan memahami budaya dan seni, kemampuan memahami mahkluk hidup dan lingkungan sekitar, bangkitnya kesadaran terhadap kesehatan lingkungan, olahraga dan rekreasi. Hal ini menunjukkan bahwa dalam pendidikan TK, anak belajar dengan permainan yang menyenangkan dan menjadikan mereka asyik dengan permainannnya itu, ini disebabkan karena apapun yang mereka pelajari sebagian besar diperoleh dengan cara bermain termasuk kemampuan meningkatkan daya kreativitasnya dalam menyelesaikan kegiatan. Ini disebabkan karena di Taman Kanak-kanak anak berada dalam usia 4 (empat) sampai dengan 6 (enam) tahun.

Advertisement

Perkembangan kecerdasan pada masa ini mengalami peningkatan dari 50% menjadi 80%. Masa ini merupakan masa untuk meletakkan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral, dan nilai-nilai agama.

Kontributor : abu niscaya
Editor           : redaksi nuhantb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *