Thanks for Sharing
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kuripan New : KMPS Kelompok Pencinta Sungai Desa Kuripan Utara menyulap bendungan atau dam yang berada di Dusun Pesongoran Pengempel  menjadi kawasan wisata baru. Kegiatan yang dilakukan secara bertahap oleh para penggiat Desa ini guna mengembalikan fungsi bendungan yang bisa digunakan oleh masyarakat secara maksimal selain berfungsi untuk mengairi areal pertanian bendungan ini juga sangat potensial untuk dikembangkan menjadi wisata sungai dan akan menjadi wisata baru diwilayah Desa Kuripan Utara.

“Selama ini bendungan hanya digunakan warga untuk mengairi sawah. Padahal bendungan bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang mengangkat ekonomi warga,” kata Koordinator KMPS, Munawir’ saat ditemui di area bendungan Pensongoran Pengempel Desa Kuripan Utara, Kecamatan Kuripan, Sabtu(2/11/2019).

Sebelum kami menyulap menjadi kawasan wisata,  bendungan atau Dam ini menjadi tempat pemandian sebagian besar masyarakat yang ada diwilayah sekitar hal ini yang mendorong kami ingin menyulap kawasan ini menjadi Destinasi Wisata Sungai karena melihat potensi dan aliran ketersediaan air dibendungan meskipun dimusim kering seperti sekarang ini masih ada airnya,

kedepannya bisa menjadi sumber mata pencaharian bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat nantinya. Ungkapnya.

Dilokasi yang sama Penjaga Pintu Air sekaligus Prangkat Kewilayahan di Wilayah Pesongoran  ‘ Haris,  juga menambahkan” Kegiatan yang dilakukan oleh Temen-temen KMPS Desa Kuripan Utara ini sangat positif dan kami sangat mendukung karena selain mempercantik dan memperindah kawasan Bendungan juga bisa menjaga ekosistem dan kebersihan sungai dan juga memberikan pembelajaran kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan buang air besar disungai” Imbuhnya.

Dikatakannya lagi bendungan yang telah dibangun sejak masa kolonial Belanda ini lebih terlihat menarik, Kesan bendungan yang dulu tampak kumuh pun berubah menjadi cantik berhias warna-warni cat di setiap sisi bendungan.

Selama bekerja sebagai petugas, baru kali ini ada kelompok pencinta sungai yang memperhatikan keindahan bendungan dan disulap sebagai ikon wisata baru di desa kami. “Kalau dari dulu yang dibahas hanya masalah bendungan air yang kering, sekarang bagaimana membuat bendungan ini menarik sebagai tempat wisata baru,” ujar Haris.

Ia juga menambahkan harapan kami semoga ide yang telah dicetuskan oleh temen- temen KMPS Desa Kuripan untara nantinya dapat kami teruskan ke Pemerintah Desa Kuripan Utara Untuk dapat dianggarkan ditahun 2020 ini untuk pengembangan yang skalanya besar dan kelengkapan nantinya bisa dianggarkan juga seperti : Ban, Perahu, Mainan dan sebagainya dan tentunya penataan yang utama selain itu juga kami akan mencoba mengkomunikasikan dengan BWS sikiranya ada program yang dapat disinergikan kedepannya” Jelasnya. (Akhyar/Abdur )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *