Thanks for Sharing
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

(Foto: nuhantb, ilustrasi)

NUHANTNB- Menulis sering dikaitkan dengan tugas, baik bagi para pelajar ataupun pekerja. Tetapi, sesungguhnya, terlepas dari kewajiban-kewajiban tersebut, manfaat menulis sangatlah banyak, khususnya manfaat untuk diri sendiri. Dengan menulis, kita dapat memperoleh banyak manfaat yang dapat dirasakan langsung atau pun di kemudian hari. Berikut ulasannya;
Advertisement


6 Manfaat Menulis yang Kamu Harus Tahu
Meningkatkan Kreativitas
Dengan menulis, kreativitas Anda akan meningkat. Secara tidak langsung, selama menulis, Anda akan mencari dan menemukan banyak ide. Ide tersebut tidak akan secara mentah Anda masukkan dalam tulisan, tetapi ide tersebut perlu diolah sehingga menjadi tulisan yang baik dan dimengerti oleh para pembaca. Dengan mengolah ide tersebut, kreativitas Anda juga ikut diasah karena Anda harus mencari penggunaan ide serta kata yang tepat. Tidak berhenti di sana, setelah menyelesaikan sebuah tulisan, tidak jarang seseorang menemukan ide baru karena proses penulisan yang dilakukan. Dengan begitu, kreativitas Anda dapat meningkat karena banyaknya ide yang muncul. Hal tersebut juga berdampak ke hasil tulisan Anda berikutnya. Tulisan Anda akan semakin kreatif ke depannya karena berasal dari ide yang kreatif.

 

Advertisement

Wadah untuk Menuangkan Emosi/Perasaan
Anda dapat menuangkan segala emosi yang dirasakan melalui sebuah tulisan. Pada saat Anda sedang merasa sedih, senang, atau marah dan tidak dapat menceritakannya ke orang lain, cobalah ceritakan perasaan tersebut dengan cara menulis. Percaya atau tidak, cara ini sangat manjur untuk menuangkan emosi Anda sehingga tidak ada yang terpendam atau yang biasa disebut dengan kata “mengganjal”. Karena, dengan menulis, Anda seperti sedang menceritakan perasaan Anda ke orang lain, tetapi secara tulisan.

Advertisement

Menjadi Lebih Terorganisir
Sebelum menulis, Anda perlu membuat kerangka tulisan. Kerangka tulisan dibuat agar Anda dapat menulis secara terorganisir. Dengan sering menulis, Anda akan sering mengorganisir hal-hal yang perlu dilakukan sebelum mulai menulis. Hal tersebut pun akan berpengaruh kepada diri Anda sendiri. Secara tidak langsung, Anda akan menjadi seseorang yang terorganisir karena sudah terbiasa menyiapkan dan mengatur hal-hal terkait menulis dan hal tersebut dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Memperkuat Daya Ingat
Pada saat menulis, selain tangan yang bekerja, otak pun juga bekerja. Pekerjaan otak dimulai dari mencari ide tulisan, membuat kerangka tulisan, hingga menyelesaikan sebuah tulisan. Jika sering digunakan atau diberi pekerjaan, otak akan akan terus bekerja dan menerima banyak informasi baru. Dengan begitu, otak akan selalu aktif sehingga daya ingat juga akan tetap aktif. Hal tersebut akan mencegah atau mengurangi frekuensi dari kepikunan.

Meningkatkan Kemampuan Dalam Berbahasa yang Baik
Dalam menulis, Anda tidak bisa memasukkan kata-kata secara asal. Sebuah tulisan memiliki kaidah dan aturannya sendiri. Setiap jenis tulisan memang memiliki kaidah dan aturannya tersendiri, tetapi satu hal yang pasti sama adalah setiap tulisan harus memiliki tata Bahasa yang baik. Selama Anda menulis, Anda akan menggunakan serta mempelajari penggunaan kata dan Bahasa yang benar. Dengan begitu, pengetahuan Anda mengenai penggunaan Bahasa yang baik akan bertambah seiring Anda menulis.

Menghasilkan Uang
Tidak hanya untuk tugas atau hobi, menulis juga dapat dijadikan suatu profesi. Sudah banyak profesi yang memerlukan keterampilan menulis, seperti content writer, jurnalis, penulis naskah, dan profesi lainnya. Dengan begitu, menulis dapat memberikan manfaat berupa penghasilan (sumber: Tempo Institute)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *